085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Apakah Anda termasuk orang yang memilih menghabiskan akhir pekan dengan menonton film? Ya, siapa yang tidak suka menonton film. Kita sepertinya akan sepakat bahwa sebagian besar dari kita suka menonton film di akhir pekan atau di waktu luang.

Jasa translate bahasa inggris

Saat ini, sudah sangat banyak sekali film-film asing yang membanjiri tanah air. Sayangnya, film berbahasa Inggris sejauh ini sebatas tontonan untuk hiburan.  Film berbahasa Inggris sebenarnya merupakan media yang menarik untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris, terutama dalam pengucapan, pendengaran, dan penggunaan kosa kata. Ya, salah satunya belajar dari film Harry Potter. Siapa yang tidak tahu film itu bukan? Film Harry Potter yang diadaptasi dari novel best-seller  karya J.K Rowling.

Film ini bercerita tentang penyihir dan sihirnya, dan tentunya film ini sangat banyak melibatkan mantra-mantra sihir atau magic spell. Mantra-mantra sihir yang menjadi ciri khas film Harry Potter banyak berasal dari Bahasa Latin yang juga diadaptasi dari Bahasa Inggris. Mari kita belajar bahasa dibalik mantra sihir Harry Potter berikut !

Aguamenti

Aguamenti adalah magic spell yang digunakan untuk memunculkan air dari ujung tongkat ajaib. Magic spell Aguamenti sendiri berasal dari Bahasa Latin “aqua” yang berarti “air” dan “mentis” yang berarti “pikiran”, juga dari Bahasa Inggris “augment” yang artinya “menambah”.

Arresto Momentum

Aresto Momentum adalah magic spell yang digunakan untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan sejenak suatu benda yang bergerak. Asal kata Arresto Momentum adalah kombinasi dari Anglo-French yang berarti “to bring to a stop,” dan kata Latin “momentum” yang berarti “kekuatan yang diambil ketika bergerak.” Jika dalam Bahasa Inggris, magic spell ini seperti kalimat “rest for a moment” atau “beristirahat sejenak.”

Incarcerous

Incarcerous adalah magis spell yang digunakan untuk mengikat sesuatu atau seseorang dengan tali. Magic spell Incarcerous sendiri diadaptasi dari bahasa Inggris “incarcreate” yang berarti “memenjarakan” atau “mengurung”.

Ascendio

Ketika Harrynyaris tenggelam di Harry Potter and the Goblet of Fire, Harry menggunakan magic spell Ascendio untuk mengangkat dirinya ke udara. Kata Ascendio berasal dari bahasa latin “ascendo” yang berarti “to climb”dan diadaptasi dari Bahasa Inggris, seperti kata “ascend” yang berarti naik.

Obliviate

Obliviate adalah magic spell yang digunakan untuk menghilangkan ingatan akan kejadian-kejadian tertentu. Berasal dari bahasa Latin “oblivium” yang berarti “kelupaan”. Harry menggunakan magic spell ini untuk kedua orang tuanya demi menyelamatkan mereka pada series Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1. Obliviate dalam bahasa Inggris yaitu “oblivion” yang berarti “melupakan”.

Wingardium Leviosa

Wingardium Leviosa adalah magic spell yang digunakan untuk mengangkat benda. Berasal dari Latin “arduus”  yang berarti tinggi dan “levis” yang berarti “ringan”. Jika dalam bahasa Inggris “wing” yang berarti sayap.

Riddikulus

Magic spell ini sangat mirip dengan kata “ridiculous” dalam Bahasa Inggris, yang juga berasal dari Bahasa Latin “ridiculus” yang berarti “menggelikan.” Riddikulus adalah magic spell yang digunakan untuk memerangi makhluk jadi-jadian. Mantra sihir ini sangat cocok digunakan untuk melawan Boggart yang bentuknya bisa menyerupai hal apapun itu yang kamu takutkan.

Ini hanya beberapa magic spell yang biasa digunakan dalam film Harry Potter dan ternyata mirip dengan Bahasa Inggris. Kita pun dapat belajar dan berlatih Bahasa Inggris dari film, bahkan mantra fiksi sekalipun. Agar lebih banyak yang kita dapatkan belajar Bahasa Inggris dengan film, kita dapat melakukan beberapa tahapan yang mungkin dapat membantu, seperti pilihlah menonton film menggunakan DVD player dan cobalah menonaktifkan fitur subtitle-nya. Dengan itu, kita akan secara tidak sengaja terpaksa untuk memahami atau belajar menerjemahkan apa yang sedang mereka bicarakan sehingga kita akan menemukan kosa kata baru atau ungkapan baru yang bisa langsung dipraktekkan dalam percakapan sehari-hari. Temukan artikel menarik lainnya dilaman kami!

Salam baca Brainy!